Home » , » Visualisasi Gunung Sinabung dapat Diakses Melalui Internet

Visualisasi Gunung Sinabung dapat Diakses Melalui Internet

MEDAN - Untuk menampilkan visualisasi Gunung Sinabung telah dilakukan pemasangan video kamera visual secara langsung (real time). Gambar tersebut dapat diakses melalui http://www.merapi.bgl.esdm.go.id, kemudian pilih menu aktivitas, kemudian klik menu Kamera G. Sinabung.

Demikian keterangan yang diperoleh dari Posko Induk di Lantai VIIII Kantor Gubsu kemarin. Dari posko juga diperoleh laporan rangkaian aktivitas Gunung Sinabung tanggal 14 September 2010 yakni Pukul 00.00 – 06: 00 WIB Cuaca terang, angin tenang dari barat, gunung jelas, asap putih kelabu tekanan lemah tinggi 20 m condong ke arah timur. Terekam 13 kali gempa Vulkanik, 1 kali gempa Tektonik Lokal, 2 kali gempa Hembusan, dan tremor menerus mulai dengan amplituda dominan 2 mm.

Pukul 06.00 – 12 : 00 WIB Cuaca terang, angin tenang dari Timur Laut, gunungapi terlihat jelas. Teramati asap putih kelabu sedang tekanan lemah dengan tinggi 60 m condong ke arah Barat. Terekam 9 kali gempa Vulkanik, dan Tremor menerus mulai pukul 06.09 – 12.07 WIB dengan amplituda dominan 1,5 – 3,5 mm.

Diperoleh juga informasi selain bantuan logistik berupa barang maupun peralatan, Posko Pengendali hingga saat ini telah menerima bantuan uang tunai sebesar Rp. 5.090.634.000.

Langkah-langkah terus dilakukan antara lain Rapat Koordinasi untuk tingkat Provinsi telah dilakukan sebanyak 6 (enam) kali, Rapat Posko Pengendali diadakan 2 (dua) kali dalam sehari, sedangkan untuk tingkat Nasional setiap pukul 17:00 WIB di Kantor Polres, Kabupaten Karo untuk menyampaikan aktivitas G. Sinabung. Rapat dipimpin oleh salah satu Deputi BNPB, diikuti oleh perwakilan Kementerian/Lembaga dan unsur muspida Kabupaten Karo.

Dari Posko Induk juga diperoleh informasi Pada tanggal 09 September 2010, Bupati Karo mengeluarkan Surat Keputusan No. 800/179/HUK-ORTA/TAHUN 2010 yang memutuskan untuk memperpanjang status tanggap darurat atas Bencana Alam Letusan Gunung Sinabung yang terletak di Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo sampai dengan tanggal 24 September 2010.

Selain itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan tidak pernah dan tidak akan mengeluarkan prakiraan/ ramalan akan terjadi dan tidak akan terjadi Letusan G. Sinabung pada hari dan jam tertentu. Jika ada isu-isu melalui SMS dan atau melalui media lainnya, pihaknya tidak bertanggung jawab.

Masyarakat agar tidak mempercayai informasi/isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat agar selalu mengacu informasi dari Muspida atau dari petugas PVMBG di pos pengamatan Gunung Sinabung Jl. Tiga Nderket, Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo.

Berdasarkan rekomendasi pihaknya, masyarakat yang harus mengungsi adalah yang bertempat tinggal dalam radius/jarak 6 km dari Puncak G. Sinabung. Masyarakat yang bermukim lebih jauh dari 6 km dari puncak G. Sinabung tidak perlu mengungsi.
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MEDAN News - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger